Filosofi

"Sembra Una Vespa"

Syahdan, Rinaldo Piaggio mendirikan pabrik Piaggio pada tahun 1884 di Sestri Ponente, Genoa, Italia. Awalnya Piaggio memproduksi perlengkapan kapal, kemudian kereta. Tahun 1915 Piaggio mulai memproduksi pesawat terbang. Sepeninggal Rinaldo pada tahun 1938, Enrico Piaggio, anaknya, melanjutkan usaha.

Saat Perang Dunia II, Italia mengalami krisis transportasi publik. Bahan bakar terbatas dan harga mobil mahal. Piaggio lalu merancang moda angkutan yang murah, irit bahan bakar, praktis, lincah, serta dapat digunakan lelaki dan perempuan.

Tahun 1946 mereka memperkenalkan skuter. Perancang skuter memperkenalkan konsep desain kepada Enrico Piaggio. Dia berkomentar spontan. ”Sembra una vespa —kelihatannya kayak tawon!” Vespa dalam bahasa Italia berarti tawon. Sejak itu skuter bikinan Piaggio itu disebut Vespa. (XAR)

Hikayat Skuter

Scooter berasal dari scoot yang artinya berlari kencang. Etimologi kata scoot berasal dari bahasa Skandinavia skjOta yang artinya menembak. Scooter, oleh kamus Webster dijelaskan sebagai kendaraan roda untuk anak-anak yang di sini dikenal sebagai otopet.

Terdapat jenis scooter dorong (push scooter) alias otopet dan motor scooter. Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda dua di mana pengendara duduk tanpa harus mengangkangi mesin.

Vespa diproduksi pada tahun 1946. Pada tahun 1947 perusahaan Inocentti, Italia, memproduksi skuter Lambretta. Skuter Lambretta sempat populer di Indonesia pada pertengahan era 1960-an. Lambretta tak berumur lama karena Inocentti bangkrut tahun 1970. Pada era 1980-an, Yamaha dan Honda mulai memproduksi jenis skuter. (XAR)

Tidak ada komentar: